KREATIFITAS , DISIPLIN DAN KERJA KERAS, TERPILIH KEMBALI PEGAWAI TELADAN BULANAN

KAYUAGUNG… Pada awal bulan Juli tahun 2024 dalam rangka memberikan motivasi dan penyemangat bagi para pegawai. Disdukcapil OKI kembali melakukan pemilihan Pegawai Teladan pada bulan Juni sebagai bentuk apresiasi terhadap hasil kinerja yang telah diberikan, sebagai instansi pemerintah yang bergerak dibidang pelayanan publik, tertunya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Komering Ilir setiap harinya ramai dikunjungi masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan mereka. seperti perekaman dan pencetakan KTP-EL, penerbitan Kartu Keluarga, Surat Pindah, Akta Kelahiran dan dokumen lainnya. Untuk itu dibutuhkan pegawai yang berintegritas melalui adanya penerapan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pegawai yang berintegritas tercermin dari sikap jujur, tulus, transparan, kreatifitas, bertanggungjawab, dan objektif melalui pendekatan keadilan tanpa adanya diskriminasi ras, suku, ataupun agama.

Sikap Kreatifitas, disiplin, jujur dan  bertanggungjawab dari pegawai yang berintegritas dapat diandalkan dalam memecahkan berbagai permasalahan dan menangani berbagai keluhan yang dirasakan masyarakat atas layanan yang diberikan. Dengan mengedepankan integritas kerja keras tentunya akan menumbuhkan profesionalisme dan motivasi kerja pegawai yang salah satunya dapat dilakukan melalui pemilihan pegawai teladan setiap bulannya, melalui persaingan yang sehat dengan mengedepankan hasil kerja yang optimal dan kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan yang diberikan.

Melalui berbagai tahapan dan kriteria penilaian yakni kedisiplinan, sikap dan perilaku, kinerja, kerjasama, inovatif/kreatif serta tidak pernah menerima komplain dari penerima layanan. Terpilihlah 2 (dua) orang pegawai yaitu Faddullah, S.P. (Pegawai PNS) dan Akhmad Zaini, S.Kom (Pegawai TKS) sebagai pegawai teladan pada bulan Juni 2024.

Dalam pembinaan apel pagi, Kepala Dinas Dukcapil memberikan pengarahan agar pada pegawai tetap semangat dan memiliki dedikasi sebagai pelayan publik dalam rangka membahagiakan masyarakat, walaupun selalu ada rintangan dan tantangan baik itu adanya kritikan ataupun keluhan dari masyarakat namun pembentukan mental yang kuat dan sehat serta pola kerja yang baik dan terstruktur dapat menjadi dasar bagi kita sebagai pelayan masyarakat untuk memberikan hasil secara maksimal. Karena tekanan yang ada bukan sebagai beban melainkan sebagai pendorong dan penggerak dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *